Rounder
tool berfungsi untuk memperhalus bagian tepi suatu object yang memiliki
keruncingan sudut, dengan kata lain menghilangkan atau memperhalus bagian tepi
suatu object. Bisa dibilang Rounder tool
hampir sama dengan Chamfer. Chamfer ada karena bevel, dimana Rounder juda ada
karena Chamfer, secara otomatis Rounder memiliki unsur bevel didalam prosesnya.
Rounder memiliki hasil yang lebih halus jika dibandingkan dengan Chamfer, namun
semua tool juga berfungsi unggul di tempat dan keadaannya masing-masing dalam
pembuatan object. Rounder bisa berjalan dan difungsikan untuk Polygon,
Edge, maupun Point yang terseleksi.
Sebuah object pada sebuah layer yang tidak diseleksi sama sekali, maka secara
otomatis akan dianggap keseluruhan dari object itu terseleksi.
Untuk menjalankan tools dari Rounder sendiri
kita dapat mencari di menu Multiply à Extend à Rounder.
Secara default tool ini belum ada shortcutnya dari NewTek Lightwave. Seperti
yang telah saya utarakan bahwa rounder bisa diaplikasikan untuk sebuah point,
edge maupun polygon.

Apabila object kita menjadi
berantakan ketika kita rounder, cobalah untuk melakukan perubahan ukuran object
Anda, lakukan pembesaran (size). Rounder tidak bisa berjalan untuk object yang
terlalu kecil ukurannya.
Untuk kejadian didalam seleksi
diatas, kita mencoba dengan menggunakan 2 point sehingga hasilnya sama dengan 1
edge yang kita seleksi. Untuk lebih singkat dan simplenya alangkah lebihbaiknya
jika kita lebih memilih untuk menyeleksi 1 edge saja jika dibandingkan dengan
menyeleksi dua point, yang tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama jika
dibandingkan 1 edge denga sekali klik saja.
penggunaan Rounder pada edge
lebih dari satu edge, maka rounder juga akan mengikuti sesuai alur dari edge
tersebut. Apabila kita menyeleksi beberapa edge dimana edge pertama dengan akan
bertemu dengan edge terakhir, disini berarti sama halnya kita menyeleksi satu
polygon saja. Menyeleksi poin lebih dari
2 yang saling berhubungan juga sama halnya dengan menyeleksi satu polygon saja.

Gunakan
satu seleksi polygon daripada kita melakukan seleksi empat edge atau empat
point pada sebuah balok. Karena itu akan mempercepat waktu pengerjaan kita. Namun itu juga
tergantung dengan situasi kita saat pada itu.
Rounder memiliki Numeric
Rounder juga yang dapat kita atur seberapa kemiringan dan detail suatu object
yang kita rouder dengan ukuran angka yang lebih pasti. Numeric Rounder bisa
kita buka ketika kita aktif dengan rounder dan kemudian kita menekan shortcut N.
No comments:
Post a Comment