Rounder Tool In NewTek LightWave 2015 Modeler


Rounder tool berfungsi untuk memperhalus bagian tepi suatu object yang memiliki keruncingan sudut, dengan kata lain menghilangkan atau memperhalus bagian tepi suatu object.  Bisa dibilang Rounder tool hampir sama dengan Chamfer. Chamfer ada karena bevel, dimana Rounder juda ada karena Chamfer, secara otomatis Rounder memiliki unsur bevel didalam prosesnya. Rounder memiliki hasil yang lebih halus jika dibandingkan dengan Chamfer, namun semua tool juga berfungsi unggul di tempat dan keadaannya masing-masing dalam pembuatan object. Rounder bisa berjalan dan difungsikan untuk Polygon, Edge,  maupun Point yang terseleksi. Sebuah object pada sebuah layer yang tidak diseleksi sama sekali, maka secara otomatis akan dianggap keseluruhan dari object itu terseleksi.
Untuk menjalankan tools dari Rounder sendiri kita dapat mencari di menu Multiply à Extend à Rounder. Secara default tool ini belum ada shortcutnya dari NewTek Lightwave. Seperti yang telah saya utarakan bahwa rounder bisa diaplikasikan untuk sebuah point, edge maupun polygon.



Untuk sebuah point yang terseleksi dan ingin diRounder, disini berarti point berada di pojok, maka point utama menghilang seperti halnya pada Chamfer, dan kemudian digantikan dengan polygon yang lebih banyak untuk rounder. Penggunaan rounder dengan menyeleksi satu point akan berakibat hanya pada point tersebut/ pojok object menjadi smooth. Untuk penggunaan seleksi dua point, bisa kita artikan pula bahwa kita menyeleksi dengan satu edge, ingat bahwa edge merupaka gabungan dari 2 point yang disambungkan, sambungan itulah yang kita namakan dengan edge.









Apabila object kita menjadi berantakan ketika kita rounder, cobalah untuk melakukan perubahan ukuran object Anda, lakukan pembesaran (size). Rounder tidak bisa berjalan untuk object yang terlalu kecil ukurannya.



Untuk kejadian didalam seleksi diatas, kita mencoba dengan menggunakan 2 point sehingga hasilnya sama dengan 1 edge yang kita seleksi. Untuk lebih singkat dan simplenya alangkah lebihbaiknya jika kita lebih memilih untuk menyeleksi 1 edge saja jika dibandingkan dengan menyeleksi dua point, yang tentunya membutuhkan waktu yang lebih lama jika dibandingkan 1 edge denga sekali klik saja.
penggunaan Rounder pada edge lebih dari satu edge, maka rounder juga akan mengikuti sesuai alur dari edge tersebut. Apabila kita menyeleksi beberapa edge dimana edge pertama dengan akan bertemu dengan edge terakhir, disini berarti sama halnya kita menyeleksi satu polygon saja.  Menyeleksi poin lebih dari 2 yang saling berhubungan juga sama halnya dengan menyeleksi satu polygon saja.
Gunakan satu seleksi polygon daripada kita melakukan seleksi empat edge atau empat point pada sebuah balok. Karena itu akan mempercepat waktu pengerjaan kita. Namun itu juga tergantung dengan situasi kita saat pada itu.
















Rounder memiliki Numeric Rounder juga yang dapat kita atur seberapa kemiringan dan detail suatu object yang kita rouder dengan ukuran angka yang lebih pasti. Numeric Rounder bisa kita buka ketika kita aktif dengan rounder dan kemudian kita menekan shortcut N.

No comments:

Pages