Extender NewTek Lightwave Modeler


Tool ini bisa kita bilang tool copy paste polygon, edge maupun point dari suatu object yang kita seleksi, hanya saja hasil copy-paste tersebut masih mempunyai hubungan dengan object aslinya. Hasil  Extender tersambunglangsung dengan object utama. Pada dasarnya Extender bisa kita aplikasikan pada polygon, edge maupun poin. Namun kenyataannya Extender lebih optimal digunakan untuk polygon dan edge saja. Jarang sekali kita menggunakan Extender point, walaupun adakalanya kita harus menggunakan Extender point, namun itu akan jarang kita lakukan.
Extender bisa kita cari dari menu Multiply à Extend à Extender plus. Dari pihak NewTek Lightwave sendiri juga sudah menyediakan shortcut untuk extender itu sendiri, yaitu tombol  E  pada keyboard.
Untuk lebih memahami bagaimana sebuah extender berfungsi, perhatikan cara berikut membuat botol berikut ini:



Pertama sediakan primitive object Disc. Dengan keadaan polygon atas dan bawah kita hapus, hal ini untuk mempermudah cara lihat kita ketika object sudah kita klik tab pada keyboard. Penekanan tombol tab dilakukan setelah polygon atas dan bawah dihapus. Maka saat ini akan terlihat bahwa object kita lebih smooth dibandingkan dengan keadaan semula. Dan lakukan seleksi edge yang bagian bawah, seluruh edge yang melingkar di bagian bawah/ pembentuk polygon yang sudah kita hapus.  Coba lihat gambar 1.    Tekan tombol E untuk melakukan extend dan dilanjutkan tekan tombol T untuk mengaktifkan move tool dan drag ke bawah dengan jarak yang tdk begitu jauh, lakukan hal ini ( E kemudian tekan T dan tarik kebawah sedikit)  dua kali.  Kemudian lakukan tekan E lagi dan lanjutkan dengan menekan tomboh Shift + H dan drag mouse untuk memperkecil daerah edge yang kita seleksi tersebut, lakukan pengecilan kira-kira sampai setengah dari jarak jari-jari disc tersebut. Lakukan  tekan E lagi dan dilanjutkan Shift + H
dan drah lagi dan perkecil lagi lingkaran tersebut, setelah itu tekan T dan sedikit tarik ke atas untuk membentu dasaran botol yang terkesan tidak hanya datar. Yang terakhir tekan tombol P pada keyboar disaat edge tersebut masih terseleksi untuk menutup alas yang bolong tersebut dengan polygon yang baru.
Sekarang kita ganti untuk mengurusi bagian atas dari calon botol tersebut. Mulailah seleksi edge yang atas dari calon botol tersebut, kemudian lakukan extender dengan shortcut e lagi, dan tekan T dilanjukan drag ke atas kearah Axis Y positif, dengan ketinggian kita sesuaikan seberapa tinggi botol yang akan kita buat. Apabila sudah mencapai ketinggian yangkita inginkan maka lakukan E lagi dan tarik lagi keatas sedikit untuk sedikit mengunci tarikan dari edge edge tersebut, seterlah itu lakukan
e lagi dan tekan shift + H untuk melakukan perubahan ukuran, lakukan pengecilan dengan kondisi sedikit kita tarik keatas.  Maka akan kita dapat setidaknya menyerupai pada gambar 3 disamping.  Lanjutkan dengan kombinasi beberapa shortcut tersebut untuk membentu botol yang utuh dan sederhana, tapi terlihat jelas bahwa itu botol, bukan sembarang botol.
Gunakan kombinasi shortcut : T   move ( untuk melakukan perpindahan object), Shift+H scale ( untuk melakukan pembesaran atau pengecilan ukuran object terseleksi), dan E Extender (tool  yang kita bahas saat ini)


No comments:

Pages