Tool ini bisa kita bilang tool copy paste
polygon, edge maupun point dari suatu object yang kita seleksi, hanya saja
hasil copy-paste tersebut masih mempunyai hubungan dengan object aslinya. Hasil Extender tersambunglangsung dengan object
utama. Pada dasarnya Extender bisa kita aplikasikan pada polygon, edge maupun
poin. Namun kenyataannya Extender lebih optimal digunakan untuk polygon dan
edge saja. Jarang sekali kita menggunakan Extender point, walaupun adakalanya
kita harus menggunakan Extender point, namun itu akan jarang kita lakukan.
Extender bisa kita cari dari menu Multiply à Extend à Extender
plus. Dari pihak NewTek Lightwave sendiri juga sudah menyediakan shortcut untuk
extender itu sendiri, yaitu tombol E pada keyboard.
Untuk lebih memahami bagaimana sebuah extender
berfungsi, perhatikan cara berikut membuat botol berikut ini:

Pertama
sediakan primitive object Disc. Dengan keadaan polygon atas dan bawah kita
hapus, hal ini untuk mempermudah cara lihat kita ketika object sudah kita klik
tab pada keyboard. Penekanan tombol tab dilakukan setelah polygon atas dan
bawah dihapus. Maka saat ini akan terlihat bahwa object kita lebih smooth
dibandingkan dengan keadaan semula. Dan lakukan seleksi edge yang bagian bawah,
seluruh edge yang melingkar di bagian bawah/ pembentuk polygon yang sudah kita
hapus. Coba lihat gambar 1. Tekan tombol E untuk melakukan extend dan
dilanjutkan tekan tombol T untuk mengaktifkan move tool dan drag ke bawah
dengan jarak yang tdk begitu jauh, lakukan hal ini ( E kemudian tekan T dan
tarik kebawah sedikit) dua kali. Kemudian lakukan tekan E lagi dan lanjutkan
dengan menekan tomboh Shift + H dan drag mouse untuk memperkecil daerah edge
yang kita seleksi tersebut, lakukan pengecilan kira-kira sampai setengah dari
jarak jari-jari disc tersebut. Lakukan
tekan E lagi dan dilanjutkan Shift + H
dan drah lagi dan perkecil lagi
lingkaran tersebut, setelah itu tekan T dan sedikit tarik ke atas untuk
membentu dasaran botol yang terkesan tidak hanya datar. Yang terakhir tekan
tombol P pada keyboar disaat edge tersebut masih terseleksi untuk menutup alas
yang bolong tersebut dengan polygon yang baru.
Sekarang kita ganti untuk mengurusi bagian
atas dari calon botol tersebut. Mulailah seleksi edge yang atas dari calon
botol tersebut, kemudian lakukan extender dengan shortcut e lagi, dan tekan T
dilanjukan drag ke atas kearah Axis Y positif, dengan ketinggian kita sesuaikan
seberapa tinggi botol yang akan kita buat. Apabila sudah mencapai ketinggian
yangkita inginkan maka lakukan E lagi dan tarik lagi keatas sedikit untuk
sedikit mengunci tarikan dari edge edge tersebut, seterlah itu lakukan
e lagi
dan tekan shift + H untuk melakukan perubahan ukuran, lakukan pengecilan dengan
kondisi sedikit kita tarik keatas. Maka
akan kita dapat setidaknya menyerupai pada gambar 3 disamping. Lanjutkan dengan kombinasi beberapa shortcut
tersebut untuk membentu botol yang utuh dan sederhana, tapi terlihat jelas
bahwa itu botol, bukan sembarang botol.
Gunakan kombinasi shortcut : T move ( untuk melakukan perpindahan object),
Shift+H scale ( untuk melakukan pembesaran atau pengecilan ukuran object
terseleksi), dan E Extender (tool yang
kita bahas saat ini)
No comments:
Post a Comment