Rest On Ground NewTek Lightwave Modeler


Disaat kita melakukan modeling dengan menggunakan NewTek Lightwave pada khususnya, kita tentunya akan sering mencari penempatan sebuah object ketitik normal dari titik nol axis.  Untuk memudahkan kita dalam melakukan pemodelingan, sebuah object seharusnya kita letakan tepat di titik nol, baik dari sumbu X, Y ataupun Z. Pada pembahasan ini akan terfokus untuk membahas penempatan sebuah object supaya tepat bersinggungan dengan Axis.

Rest On Ground merupakan tool yang sangat simple untuk menempatkan sebuah object tepat bersinggungan dengan sumbu X, Y, Z dan atau sumbu X, Y, Z berada tepat di tengah-tengah dari object kita. Rest On Ground bisa kita cari melalui Modify à Translate à More à Align à Rest On Ground. Selain dengan menggunakan langkah tersebut, biasanya NewTek Lightwave  sudah memberikan shortcut defaultnya untuk memanggil Rest On Ground tersebut dengan cepat, yaitu dengan menggunakan shortcut “F3”.  Maka akan tampil jendelan pengaturan Rest On Ground seperti pada gambar.
Mengenai fungsi-fungsi dari pengaturan itu sendiri sebenarnya tidak begitu rumit, hanya beberapa klik jadilah apa yang kita inginkan. Ingat-ingat betul bahwa: Rest Axis, terdapat 3 pilihan X, Y, Z pilihan mana yang kita pilih itu berarti memberikan pengaturan kepada object untuk boleh bergerak hanya berdasarkan Axis yang dipilih dan object akan menempatkan diri alasnya tepat di titik nol dari Axis yang kita pilih tersebut, seumpuma kita pilih Y seperti diatas, berarti fikirkan bahwa benda yang kita akan pindahkan pasti bergerak berdasarkan sumbu Y dan tepat dititik nol, jika pada pengaturan Sense nya dipilih + maka sisi yang paling bawahlah yang menempati titik nol dari sumbu Y. Dibawahnya terdapat pilihan lagi Center X Axis, Y Axis dan Z Axis, fikirkan saja bahwa yang kita tidak beri Checklist berarti object ke-Lock dari Axis tersebut.


Sebagai contoh uji langsung saja saya mempunyai permasalahan sebagai berikut. Terlihat bahwa terdapat balok dengan sisi alasnya berada di titik nol dari Axis Y, dan titik tengan dari balok tersebut berada tepat di tengah-tengah antara Axis X dan Z. Perlu diketahui juga kondisi seperti ini merupakan kondisi normal dari Rest On Ground
itu sendiri, dimanapun tempatnya sebuah object jika kita tekan F3 dan kangsung dlanjutkan tekan enter maka object secara otomatis akan menyesuaikan tempatkan seperti tersebut.

Bagaimana jika dari gambar normal Rest on Ground tersebut ingin kita rumah kondisi penempatannya menjadi seperti berikut: Caranya cukup mudah, perhatikan dari gampar awal dan gambar akhir. Tentukan bidang yang mana yang bergerak dan berpindah ke posisi titik nol.? Sudah jelas bidang yang berwarna hijaulah yang berpindah tempat ke titik nol, maka Rest axisnya kita pilih X dan karena bergerak mengarah ke arah X negatif maka Sense nya kita pilih negative, kemudian kita lihat untuk pilihan centernya, apakah balok boleh bergerak naik turun dari keadaan semua, jk tdk boleh CheckList untuk center Y kita hilangkan. Apakah balok bergerak melalui x, jika iya maka Center X tdk perlu dihilangkan. Apakah balok bergerak berdasarkan sumbu Z, jika tidak maka hilangkan Checlistnya. Maka pengaturan dari kondisi awal supaya didapat seperti kondisi kedua, dengan pengaturan sebagi berikut: 



Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pengaturannya beserta hasil perubahan yang didapat dimulai setelah urutan dari kondisi pada gambar tersebut diatas. Perhatikan dengan seksama.  Dari gambar terlihat Rest Z dan sense negatif yg dipilih, maka bidang yang berdekatan dengan Z negatif akan menempel di titik nol dari sumbu Z tersebut. Center Y kita matikan, berarti object akan menyesuaikan titik tengah dari object tersebut bertempat tepat ditengah dari sumbu Y.



No comments:

Pages