Suatu cara yang sangat mudah untuk kita
lakukan untuk mencari hal yang serupa yaitu dengan mirror. Mirror bisa juga
kita artikan sebagai flip sebuah object. Untuk pembuatan beberapa object
tertentu kita akan sangat memerlukan sebuah mirror. Didalam NewTek Lightwave
untuk modeler bisa kita artikan mirror adalah penggandaan dari sebuah object
tepat persis berhadapan sesuai dengan object aslinya berdasarkan Axis utama
yang kita gunakan dan kita prioritaskan.
Mirror tool bisa kita dapatkan dari menu
Multiply à Duplicate à (Mirror X / Mirror Y / Mirror Z), untuk mempermudahkan dalam melakukan
modeling 3D dan karena suatu pekerjaan modeling 3D akan lebih baik dan lebih
nyaman jika semua tool-tool kita berada pada keyboard dan kita mudah untuk
mengingat dan mudah pula untuk menggunakannya maka biasanya untuk mirror X saya
tempatkan di shortcut “Alt + X”,
mirror Y saya tempatkan di shorcut “Alt
+ Y”, dan mirror Z saya tempatkan di shorcut “Alt + Z”.

Sebagai
contoh saya mempunyai sebuah balok berada digaris X negatif, Y negatif dan Z
negatif seperti terlihat pada gambar tersebut.
Dari sebuah kotak bisa kita ganda-gandakan dengan menggunakan Mirror
Tool, semisalnya kita ingin menggandakan ballok tersebut berada di X positif,
dan di X negatif masih tetap ada balok yang aslinya, dengan jarak antara Axis X
ke posisi balok awal sama dengan jarak antara
Axis X ke posisi balok akhis
sama. Gunakan Mirror X, atau dengan menggunakan shortcut Alt+X(Shortcut
modifikasi sendiri), setelah Alt+x kita tekan makan tentunya kita sekarang
sudah mempunyai dua balok yang jarak nya dengan axis x sama persis. Setelah itu
silahkan lanjutkan dengan mencoba Alt+ Z, maka dua balok yang kita dapatkan
tadi akan mengganda lagi diantara Axis Z, yaitu dengan jarak 2 balok yang
pertama dengan axis Z sama denga 2 balok yang terakhir dengan axis Z.
Maka
sekarang kita mempunyai 8 balok yang saling Mirror. Semua balok masih berada di
Axis Y negatif. Jika dilihat pada gambar
tersebut balok yang saya seleksi adalah balok yang merupakan hasil dari percobaan
mirror yang pertama. Dua balok lagi yang tidak terkena seleksi merupakan hasil
dari mirror balok yang terkena seleksi. Berhubung Alt+X dan Alt+z sudah kita
coba, sekarang kita lanjutkan percobaan Alt Y, tekan Alt+Z disaat ngga ada
balok yang sedang terseleksi, maka keempat balok tersebut akan kena mirror
terhadap Axiz Z setelah kita menekan tombol Alt+Z, dan sekarang kita mempunyai
delapan balok yang saling mirror terhadap Axis X, Y, Z.
Untuk
mempercantik dan tidak terlihat apa yang kita lakukan sia-sia, cobalah tarik
kearah Y negatif lagi(tepat dibawah Axis X dan Z, kemudian lakukan mirror Y
lagi, maka sekarang kita dapat 16 balok. Bisa dilihat balok
yang terkena seleksi adalah balok yang saya tarik tepat di bawah axis X dan Z
yang kemudian saya lakukakan Alt + Y.
Dengan memberikan satu papan lagi di bagian
tengah dan paling atas, dengan penglihatan yang kita paksakan, maka terlihatlah
sebuah meja kecil yang nyaman untuk makan bersama dan bersantai. J
No comments:
Post a Comment