Mirror X, Y, Z


Suatu cara yang sangat mudah untuk kita lakukan untuk mencari hal yang serupa yaitu dengan mirror. Mirror bisa juga kita artikan sebagai flip sebuah object. Untuk pembuatan beberapa object tertentu kita akan sangat memerlukan sebuah mirror. Didalam NewTek Lightwave untuk modeler bisa kita artikan mirror adalah penggandaan dari sebuah object tepat persis berhadapan sesuai dengan object aslinya berdasarkan Axis utama yang kita gunakan dan kita prioritaskan.

Mirror tool bisa kita dapatkan dari menu Multiply à Duplicate à (Mirror X / Mirror Y / Mirror Z), untuk mempermudahkan dalam melakukan modeling 3D dan karena suatu pekerjaan modeling 3D akan lebih baik dan lebih nyaman jika semua tool-tool kita berada pada keyboard dan kita mudah untuk mengingat dan mudah pula untuk menggunakannya maka biasanya untuk mirror X saya tempatkan di shortcut “Alt + X”, mirror Y saya tempatkan di shorcut “Alt + Y”, dan mirror Z saya tempatkan di shorcut “Alt + Z.

Sebagai contoh saya mempunyai sebuah balok berada digaris X negatif, Y negatif dan Z negatif seperti terlihat pada gambar tersebut.  Dari sebuah kotak bisa kita ganda-gandakan dengan menggunakan Mirror Tool, semisalnya kita ingin menggandakan ballok tersebut berada di X positif, dan di X negatif masih tetap ada balok yang aslinya, dengan jarak antara Axis X ke posisi balok awal sama dengan jarak antara
Axis X ke posisi balok akhis sama. Gunakan Mirror X, atau dengan menggunakan shortcut Alt+X(Shortcut modifikasi sendiri), setelah Alt+x kita tekan makan tentunya kita sekarang sudah mempunyai dua balok yang jarak nya dengan axis x sama persis. Setelah itu silahkan lanjutkan dengan mencoba Alt+ Z, maka dua balok yang kita dapatkan tadi akan mengganda lagi diantara Axis Z, yaitu dengan jarak 2 balok yang pertama dengan axis Z sama denga 2 balok yang terakhir dengan axis Z. 

Maka sekarang kita mempunyai 8 balok yang saling Mirror. Semua balok masih berada di Axis Y negatif.  Jika dilihat pada gambar tersebut balok yang saya seleksi adalah balok yang merupakan hasil dari percobaan mirror yang pertama. Dua balok lagi yang tidak terkena seleksi merupakan hasil dari mirror balok yang terkena seleksi. Berhubung Alt+X dan Alt+z sudah kita coba, sekarang kita lanjutkan percobaan Alt Y, tekan Alt+Z disaat ngga ada balok yang sedang terseleksi, maka keempat balok tersebut akan kena mirror terhadap Axiz Z setelah kita menekan tombol Alt+Z, dan sekarang kita mempunyai delapan balok yang saling mirror terhadap Axis X, Y, Z.





Untuk mempercantik dan tidak terlihat apa yang kita lakukan sia-sia, cobalah tarik kearah Y negatif lagi(tepat dibawah Axis X dan Z, kemudian lakukan mirror Y lagi, maka sekarang kita dapat 16 balok.  Bisa dilihat balok yang terkena seleksi adalah balok yang saya tarik tepat di bawah axis X dan Z yang kemudian saya lakukakan Alt + Y.



Dengan memberikan satu papan lagi di bagian tengah dan paling atas, dengan penglihatan yang kita paksakan, maka terlihatlah sebuah meja kecil yang nyaman untuk makan bersama dan bersantai.  J


No comments:

Pages