CREATING A DISC AND A CONE OBJECT 3D IN NEWTEK LIGHTWAVE

Disini akan kita bahas mengenai Disc. Sepertiyang telah kita pelajari pada pembelajaran sebelumnya, untuk membuat primitive object kita bisa memilih dari menu Create dilanjutkan ke Primitive dan kemudian pilih Disc, karena kita akan bermain-main dengan object Disc.

Sebelumnya perlu Anda baca mengenai ShortCut di NewTek LighWave


Select pilihan Disc pada tab primitive kemudian click and drag ke object kerja, dalam contoh, penulis melakukan click and drag pada  lembar kerja posisi camera Top dan dengan tampilan Wirefram. Untuk mendapatkan object yang benar-benar melingkar kombinasikan dengan tombol CTRL ketika melakukan click and drag, gunakan kombinasi SHIFT untuk mengatur panjang salah satu sisi yang diinginkan(semisal ingin mengubah ukuran panjang secarahorizontal dan tanpa mempengaruhi ukuran secara vertical maka digunakan tombol SHIFT + click and drag). Setelah itu lakukan 
click and drag juga pada posisi camera Back, dalam contoh penulis melakukan pada petak kerja yang kiri bawah, click and drag object ke atas untuk mendapatkanketinggian dari object tersebut. Dalam hal ini kita juga masih bisa menggunakan kombinasi tombol yang telah kita gunakan diatas tadi.


Namun kita juga harus ingat bahwa walaupun disitu terdapat empat bagian tampilan yang kita lihat, namun sebenarnya disitu hanya terdapat satu bagian yaitu satu object itu sendiri. Hanya sudut pandang camera saja yang membedakan tampilan tersebut. Jadi apabila kita mengibah ukuran salah satu dari lembar kerja object tersebut, maka tampilan yang lainnya pun juga akan berubah ukurannya.


Dari Object yang telh kita buat tersebut mempunyai posisi dengan koordinat sembarang. Untuk melakukan pemodelan alangkah lebih baiknya sebuah object diletakkan tepat berada di tengah dari suatu koordinat. Dan atau alas dari suatu object berada tepat pada koordinat titik 0 dari sumbu Y. Untuk memudahkan supaya object tepat berada tepat ditengah dari koordinat lakukan, pencet tombol F2, dan apabila ingin membuat object beradatepat diatas titik nol gunakan shortcut F3. Dalam Contoh gambar tersebut Object berada tepat ditengah dari koordinat, berarti dengan menggunakan shortcur F2.



Sekarang kita masuk pada Cone atau kerucut. Tidak jauh berbeda dengan cara yang  sebelumnya, lakukan create object melalui menu Create kemudian pilih Primitive dan select object Cone, kemudian click and drag pada bagian lembar kerja kita, semisal yang pertama kita click and drag pada petak kerja dengan  tampilan camera dari Top atau atas, dengan menggunakan kombinasi tombol CTRL ketika click and drag untuk mendapatkan ukuran yang seimbang. Langkah kedua yaitu lakukan click and drag pada lembar kerja kita dengan sudut pandang Back atau dari belakang dan tarik keatas untuk membuat dan menjadikan sebuah object 3D kerucut, hal ini bisa juga langsung Anda click tepat diatas dari object, maka otomatis object akan meninggi setinggi point dimana Anda melakukan click.

No comments:

Pages